Ginting, Fitri Dahriani (2016) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MELIPAT ORIGAMI DI PAUD MELATI BM MEDAN AMPLAS T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM FITRI DAHRIANI GINTING - COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
02 NIM FITRI DAHRIANI GINTING - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03 NIM FITRI DAHRIANI GINTING - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
04 NIM FITRI DAHRIANI GINTING - PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
05 NIM FITRI DAHRIANI GINTING - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
06 NIM FITRI DAHRIANI GINTING - TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07 NIM FITRI DAHRIANI GINTING - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 NIM FITRI DAHRIANI GINTING - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
09 NIM FITRI DAHRIANI GINTING - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13 NIM FITRI DAHRIANI GINTING - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14 NIM FITRI DAHRIANI GINTING - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan kreativitas anak usia 5-6
tahun di PAUD Amanah Harjosari II tidak sesuai dengan tahapan usianya. Beberapa
penyebabnya antara lain ; anak – anak lebih senang bermain dengan alat permainan
elektronik, seperti telepon genggam, tablet,maupun bermain internet, aturan – aturan dan
larangan – larangan yang menghambat anak untuk berkreativitas, tersedianya beraneka
mainan dengan harga terjangkau di pasaran (seperti boneka, pesawat, robot-robotan,
mobil-mobilan, dan lain-lain), tingginya tuntutan orangtua yang menginginkan anak
mereka bisa membaca, menulis, dan berhitung sebelum masuk ke Sekolah Dasar, serta
kreativitas anak belum berkembang sesuai harapan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak usia 5-
6 tahun melalui kegiatan mencetak di PAUD Amanah Harjosari II Medan Amplas. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah meningkatkan
kreativitas anak usia 5-6 tahun di PAUD Amanah Harjosari II Medan Amplas T.A
2015/2016. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 24 orang (17 orang
anak laki – laki dan 7 orang anak perempuan).
Proses penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, satu siklus dua kali pertemuan.
Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan lembar observasi guru dan anak. Pada
siklus I pertemuan I, kreativitas anak yang memiliki kategori baik terdapat sebanyak 2
orang anak (8,33%), yang memiliki kategori cukup 15 orang anak (62,5%), yang
memiliki kategori kurang ada 6 orang anak (25%), dan yang memiliki kategori sangat
kurang ada 1 orang anak (4,17%). Kreativitas rata – rata anak pada siklus I pertemuan I
adalah 63,19%. Pada siklus I pertemuan II, kreativitas anak yang memiliki kategori baik
terdapat sebanyak 5 orang anak (20,83%), yang memiliki kategori cukup ada 14 orang
anak (58,34%), yang memiliki kategori kurang ada 5 orang anak (20,83%), kreativitas
rata – rata anak apda siklus I pertemuan II adalah 66,66%.
Pada siklus II pertemuan I, kreativitas anak yang memiliki kategori baik terdapat
sebanyak 5 orang anak (20,83%), yang memiliki kategori cukup ada 8 orang anak
(33,34%), yang memiliki kategori kurang ada 11 orang anak (45,83%). Kreativitas rata –
rata anak pada siklus II pertemuan II adalah sebesar 64,54%. Pada siklus II pertemuan II,
kreativitas anak yang memiliki kategori sangat baik terdapat sebanyak 2 orang anak
(8,33%), yang memiliki kategori baik ada 14 orang anak (58,33%), yang memiliki
kategori cukup ada 8 orang anak (33,34%). Kreativitas rata – rata anak pada siklus I
pertemuan II adalah sebesar 74,99%.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kegiatan mencetak dapat
mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di PAUD Amanah Harjosari II Medan
Amplas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 058 |
Keywords: | kreativitas ANak; kertas Origami; Melipat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 03:31 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21532 |