PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI PAUD SAMARA DAN PAUD NADINE MEDAN

Sirait, Masta Junita (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI PAUD SAMARA DAN PAUD NADINE MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 8136122030 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 8136122030 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 8136122030 APPROVAL.pdf]
Preview
Text
02. NIM 8136122030 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 8136122030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 8136122030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 8136122030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 8136122030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 8136122030 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
05. NIM 8136122030 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 8136122030 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM 8136122030 TABLES.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 8136122030 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM 8136122030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 8136122030 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM 8136122030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 8136122030  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 8136122030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of 013. NIM 8136122030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
013. NIM 8136122030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 014. NIM 8136122030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
014. NIM 8136122030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Perbedaan kemampuan berbicara antara anak yang diajar dengan strategi pembelajaran bermain peran dan anak yang diajar dengan strategi pembelajaran bercerita (2) perbedaan kemampuan berbicara antara anak yang memiliki kreativitas tinggi dan anak yang kreativitas rendah. (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 72 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu 1 kelas di PAUD Samara, dan 1 kelas PAUD Nadine, dan seluruh populasi adalah sampel berjumlah 72 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berbicara dalam bentuk tes observasi sebanyak 32 butir soal, lembar tes kreativitas siswa sebanyak 15 item. Untuk menyajikan dan mendeskripsikan data digunakan statistik deskriptif, sementara untuk menguji hipotesis digunakan statistik inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan ANAVA 2 jalur yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan normalitas dengan Liliefors dan uji homogenitas dengan Fisher dan Barlett. Hasil pengujian hipotesis diperoleh : (1) Kemampuan berbicara anak usia dini yang diajar dengan strategi pembelajaran bermain peran lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran bercerita, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 8,65 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.68); (2) kemampuan berbicara anak usia dini yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi daripada anak yang memiliki kreativitas rendah, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 9,38 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.68); (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan kreativitas anak usia dini dalam mempengaruhi kemampuan berbicara, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 58,8> Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.68). Dari hasil análisis data disimpulkan penggunaan strategi pembelajaran bermain peran lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan strategi pembelajaran bercerita lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki kreativitas rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.6 Sir p
Keywords: Kemampuan berbicara; Anak usia dini; Hakikat kreativitas; Strategi pembelajaran; Strategi pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:21
Last Modified: 21 Nov 2016 03:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21531

Actions (login required)

View Item
View Item