Sirait, Masta Junita (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI PAUD SAMARA DAN PAUD NADINE MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM 8136122030 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
02. NIM 8136122030 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
03. NIM 8136122030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
04. NIM 8136122030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
05. NIM 8136122030 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
06. NIM 8136122030 TABLES.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
07. NIM 8136122030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
08. NIM 8136122030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
09. NIM 8136122030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
013. NIM 8136122030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
014. NIM 8136122030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Perbedaan kemampuan berbicara antara anak yang diajar dengan strategi pembelajaran bermain peran dan anak yang diajar dengan strategi pembelajaran bercerita (2) perbedaan kemampuan berbicara antara anak yang memiliki kreativitas tinggi dan anak yang kreativitas rendah. (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 72 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu 1 kelas di PAUD Samara, dan 1 kelas PAUD Nadine, dan seluruh populasi adalah sampel berjumlah 72 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berbicara dalam bentuk tes observasi sebanyak 32 butir soal, lembar tes kreativitas siswa sebanyak 15 item. Untuk menyajikan dan mendeskripsikan data digunakan statistik deskriptif, sementara untuk menguji hipotesis digunakan statistik inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan ANAVA 2 jalur yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan normalitas dengan Liliefors dan uji homogenitas dengan Fisher dan Barlett. Hasil pengujian hipotesis diperoleh : (1) Kemampuan berbicara anak usia dini yang diajar dengan strategi pembelajaran bermain peran lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran bercerita, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 8,65 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.68); (2) kemampuan berbicara anak usia dini yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi daripada anak yang memiliki kreativitas rendah, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 9,38 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.68); (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan kreativitas anak usia dini dalam mempengaruhi kemampuan berbicara, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 58,8> Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.68). Dari hasil análisis data disimpulkan penggunaan strategi pembelajaran bermain peran lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan strategi pembelajaran bercerita lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki kreativitas rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Sir p |
Keywords: | Kemampuan berbicara; Anak usia dini; Hakikat kreativitas; Strategi pembelajaran; Strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 08:21 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21531 |