PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COPSEPTUAL TEACHING LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEMESTER II SD NEGERI II SD NEGERI LAE MAREMPAT, KEC. STTU JEHE KABUPATEN PAKPAK BHARAT TA : 2015/2016

Berutu, Efendi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COPSEPTUAL TEACHING LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEMESTER II SD NEGERI II SD NEGERI LAE MAREMPAT, KEC. STTU JEHE KABUPATEN PAKPAK BHARAT TA : 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 114522314005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 114522314005 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 114522314005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 114522314005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (793kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 114522314005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 114522314005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 114522314005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 114522314005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 114522314005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 114522314005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 114522314005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 114522314005 TABLES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 114522314005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 114522314005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 114522314005 GRAFIC.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 114522314005 GRAFIC.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 114522314005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 114522314005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 114522314005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 114522314005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 114522314005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 114522314005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 114522314005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 114522314005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diajukan adalah bagaimanakah pendekatan Eksploratory
Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan penyesuaian diri
makhluk hidup terhadap lingkungannya pada siswa kelas V pada SD Negeri Lae
Merempat Tahun Ajaran 2015/2016. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui apakah pendekatan Eksploratory Discovery dapat meningkatkan hasil
belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Lae Merempat Tahun Ajaran 2015/2016.
Manfaat secara teoritis yaitu dapat dijadikan bahan perimbangan penyusunan dan
pelaksanaan program dalam pembelajaran IPS di suatu lembaga pendidikan. Manfaat
secara praktis yaitu dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa selama
proses pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada
model Spiral atau siklus yang dalam pelaksanaannya menggunakan metode
Eksploratory Discovery yang dilakukan pada kelas V SD Negeri Lae Merempat
Tahun Ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 11 orang
laki-laki dan 12 orang perempuan. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu
Observasi, angket dan Test. Data selanjutnya diolah berdasarkan tehnik analisa data
yang ditetapkan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Dari hasil penerapan metode Eksploratory Discovery pada pokok bahasan
penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungannya di kelas V SD Negeri Lae
Merempat Tahun Ajaran 2014/2015, hasil belajar siswa menjadi meningkat dari hasil
belajar yang rendah dengan skor rata-rata 19,82 menjadi hasil belajar yang tinggi
dengan skor rata-rata 34,34. Data hasil belajar pun menjadi meningkat dari nilai ratarata
siswa 57,60 menjadi 70,00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sk-2016 PGSD 005
Keywords: Metode Diskusi;IPS; Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 01:20
Last Modified: 17 Nov 2016 01:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21520

Actions (login required)

View Item
View Item