Berutu, Efendi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COPSEPTUAL TEACHING LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEMESTER II SD NEGERI II SD NEGERI LAE MAREMPAT, KEC. STTU JEHE KABUPATEN PAKPAK BHARAT TA : 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 114522314005 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 114522314005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (793kB) | Preview
3. NIM. 114522314005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM. 114522314005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. NIM. 114522314005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM. 114522314005 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 114522314005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 114522314005 GRAFIC.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 114522314005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
10. NIM. 114522314005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
14. NIM. 114522314005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
15. NIM. 114522314005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diajukan adalah bagaimanakah pendekatan Eksploratory
Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan penyesuaian diri
makhluk hidup terhadap lingkungannya pada siswa kelas V pada SD Negeri Lae
Merempat Tahun Ajaran 2015/2016. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui apakah pendekatan Eksploratory Discovery dapat meningkatkan hasil
belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Lae Merempat Tahun Ajaran 2015/2016.
Manfaat secara teoritis yaitu dapat dijadikan bahan perimbangan penyusunan dan
pelaksanaan program dalam pembelajaran IPS di suatu lembaga pendidikan. Manfaat
secara praktis yaitu dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa selama
proses pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada
model Spiral atau siklus yang dalam pelaksanaannya menggunakan metode
Eksploratory Discovery yang dilakukan pada kelas V SD Negeri Lae Merempat
Tahun Ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 11 orang
laki-laki dan 12 orang perempuan. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu
Observasi, angket dan Test. Data selanjutnya diolah berdasarkan tehnik analisa data
yang ditetapkan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Dari hasil penerapan metode Eksploratory Discovery pada pokok bahasan
penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungannya di kelas V SD Negeri Lae
Merempat Tahun Ajaran 2014/2015, hasil belajar siswa menjadi meningkat dari hasil
belajar yang rendah dengan skor rata-rata 19,82 menjadi hasil belajar yang tinggi
dengan skor rata-rata 34,34. Data hasil belajar pun menjadi meningkat dari nilai ratarata
siswa 57,60 menjadi 70,00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 PGSD 005 |
Keywords: | Metode Diskusi;IPS; Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 01:20 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 01:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21520 |