Boangmanalu, Minar (2016) UPAYA MENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS IV SD NEGERI 030429 JAMBU T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 114522314022 COVER.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
2. NIM. 114522314022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
3. NIM. 114522314022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. NIM. 114522314022 FREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 114522314022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 114522314022 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 114522314022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 114522314022 GRAFIC.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 114522314022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
13. NIM. 114522314022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM. 114522314022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 030429 Jambu Kecamatan Siempat Rube Kabupaten Pakpak Bharat, jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dalam pembelajara yang bertujuan untuk mengetahui sejuh mana penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memahamimsistem pemerintahan Desa dan Kecamatan di kelas IV SD Negeri 030429 Jambu.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No 030429 Jambu dengan jumlah siswa 12orang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Dari penelitian yang dilaksanakan, diperoleh peningkatan dan aktivitas hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 52.91 dari 12 orang siswa, dimana 2 orang siswa (16.67%) memperoleh ketuntasan dan 10 siswa (83.33%) yang belum tuntas. Pada siklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 7,00 dimana 8 orang siswa (66.67%) memperoleh ketuntasan, 4 siswa (33.33%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 91.66% kategori aktivitas siswa aktif secara klasikal
Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat isimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 223 |
Keywords: | Hasil Belajar; PKn; Materi Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 06:40 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 06:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21513 |