Nasution, Sangkot Sri Rezeki (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD MUHAMMADIYAH CENDANA ASRI KEC. BATANG KUIS T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1122111018 COVER.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
2. NIM 1122111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
3. NIM 1122111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM 1122111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM 1122111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM 1122111018 TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 1122111018 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 1122111018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM 1122111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
13. NIM 1122111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
14. NIM 1122111018 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok alat peredaran darah manusia dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way. Subyek penilitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Cendana Asri Kec. Batang kuis yang berjumlah 32 siswa, diantaranya jumlah siswa laki-laki sebanyak 12 orangdan jumlah siswi perempuan sebanyak 20 orang. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Meningkatkan hasil belajar siswa paa pelajaran IPA di kelas V SD Muhammadiyah Cendana Asri Kec. Batang kuis dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way.
Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas V SD Muhammmadiyah Cendana Asri, dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang siswa. Pelaksanaan penelitian direncanakan pada bulan Mei dan Juni semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Modelling The Way.
Dari hasil tes yang diberikan kepada 32 orang siswa dari siklus I hingga siklus II, diperoleh hasil yang terus meningkat. Dari setiap siswa menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model prmbrlajaran Modelling The Way lebih tinggi yakni sebesar 81,8, dengan presentase klasikal sebesar 90,62%, sedangkan nilai rata-rata sebelum menggunakan model pembelajaran Modelling The Way lebih rendah yakni 52,5 dengan presentase klasikal 31,25%. Maka dapat diketahui bahwa hasil belajar siklus II mengalami peningkatan dibandingkan siklus I. Dengan demikian pada siklus II tidak perlu dilakukan perbaikan penajaran untuk siklus berikutnya. Adapun data hasil observasi yang diberikan untuk guru engan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way adalah pada siklus pertama (pertemuan I) yaitu 44 dengan nilai rata 3,5 dengan kriteria cukup (C), sedangkan pada (pertemuan II) yaitu 75 degan nilai rata-rata 3,75 dengan kriteria baik (B), dan pada siklus kedua ( pertemuan I) yaitu 78 dengan nilai rata-rata 3,9 dengan kriteria baik (B), sedangkan pada (pertemuan II) yaitu 80 dengan nilai rata-rata 4 dengan sangat baik (SB).
Dari hasil yang diperoleh dari 32 siswa, dapat dilihat bahwa setelah dilakukan tindakan pada setiap siklusnya, terjadi peningkatan nilai. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi alat peredaran darah pada manusia di kelas V SD Muhammadiyah Cendana Asri T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 200 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Peredaran manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 06:27 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 06:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21511 |