Siahaan, Tiurlan Yuli Riani (2016) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA VISUAL GAMBAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD 020264 BINJAI KEC. BINJAI UTARA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311080_COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 1123311080_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3. NIM. 1123311080_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM. 1123311080_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1123311080_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1123311080_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1123311080_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM. 1123311080_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 1123311080_BAB I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
13. NIM. 1123311080_BAB V.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
14. NIM. 1123311080_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas hubungan penggunaan media visual gambar dengan
motivasi belajar siswa kelas V SD negeri 020264 Binjai. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui hubungan penggunaan media visual gambar dengan motivasi belajar
siswa kelas V SD negeri 020264 Binjai. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 020264
Binjai dengan populasi sebanyak 75 orang dan sampel dengan 50 responden.
Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling sedangkan
instrumen yang digunakan untuk mengukur penggunaan media visual gambar dan
motivasi belajar siswa adalah angket dengan jumlah 80 butir. Untuk tes uji validitas
media visual gambar dan motivasi belajar menggunakan teknik korelasi produk momen
dengan hasil 32 butir dinyatakan valid untuk media visual dan 34 butir dinyatakan valit
untuk motivasi belajar, sedangkan realibilitas tes di uji menggunakan alpha dengan hasil
0,922 untuk media visual gambar dan 0,930 untuk motivasi belajar pada taraf signifikan
95% dengan alpha 5%.
Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment sedangkan hipotesis
menggunakan uji t. Hasil perhitungan koefisien korelasi menunjukkan bahwa pada
taraf signifikan 5% sebesar 0,273 sedangkan sebesar 0,980 berada pada arah yang
positif. Dengan demikian dapat diketahui bahwa lebih besar dari pada taraf
signifikan 5%. Sedangkan hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh sebesar
33,957 dan 0,273. Untuk mengetahui besar kontribusi variabel X dan Y digunakan
rumus atau (33,957 sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media
visual gambar memiliki hubungan sebesar 5,79% dengan motivasi belajar siswa, yang
berarti Ha diterima dan Ho di tolak yang artimya terdapat hubungan positif yang
signifikan penggunaan media visual gambar dengan motivasi belajar siswa SD Negeri
020264 Binjai Utara.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan bahwa penggunaan media
visual gambar akan berdampak pada motivasi belajar anak. Semakin baik media visual
yang diterapkan oleh guru di kelas maka semakin tinggi motivasi belajar siswa SD Negeri
020264 Binjai Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 193 |
Keywords: | Media Visual; Motivasi Belajar; Media Gambar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 05:01 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21509 |