Kurniasih, Ayu (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 1123111009 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2 NIM 1123111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
3 NIM 1123111009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4 NIM 1123111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
4 NIM 1123111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5 NIM 1123111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6 NIM 1123111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7 NIM 1123111009 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM 1123111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9 NIM 1123111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
10 NIM 1123111009 BAB I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
14 NIM 1123111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
15 NIM 1123111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi Gaya penggunaan Model Kooperatif Tipe Word Square dengan menggunakan LKS di kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2015/2016 serta untuk mengetahui Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square dengan menggunkan LKS akan meningkatkan hasil belajar siswa lebih baik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam peelitian ini adalah 33 siswa kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan.
Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes dgunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan Gaya IPA dan lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran ketika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square diterapkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu : pada siklus I siswa diberikan LKS secara individu namun guru tetap membimbing pekerjan siswa. Pada saat siswa mengerjakan LKS, guru membiarkan siswa bekerja dengan kemampuaannya yang dimiliki setiap individu, sedangkan guru memantau pekerjaan siswa mengerjakan LKS, guru membiarkan siswa bekerja dengan kemampuannya yang dimiliki setiap individu, sedangkan guru memantau pekerjaan siswa dengan berkeliling ke meja siswa. Kemudian di akhir siklus diberikan Tes Hasil Belajar (THB) 1 kepada siswa guna dapat melihat hasil belajar siswa selama siklus I berlangsung. Namun hasil belajar belum terlihat keberhasilan pada siswa. Kemudian dilakukan siklus II dengan pembelajaran yang sama, siswa diberikan LKS namun secara kelompok. Dan kelompok dibagi berdasarkan hasil Tes Hasil Belajar (THB) 1. Dan di akhir siklus II diberikan Tes Hasil Belajar (THB) II. Kemudian dari hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama ternyata hasilnya lebih meningkat dibandingkan siklus I.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkana hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Word Square pada mata pelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 195 |
Keywords: | Model Pembelajaran; IPA; Word Square |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 04:48 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21507 |