Siregar, Ira Amalia (2016) HUBUNGAN PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR KEC. PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111041 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 1123111041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
3. NIM. 1123111041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 1123111041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
5. NIM. 1123111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6. NIM. 1123111041 TABLES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7. NIM. 1123111041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
8. NIM. 1123111041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
9. NIM. 1123111041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
13. NIM. 1123111041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 1123111041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan supervisi
pendidikan dengan kinerja guru SD. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan supervisi
pendidikan dengan kinerja guru SD di Kecamatan Percut Sei Tuan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat
korelasional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini
peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam
penelitian ini adalah 102 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 40 orang,
peneliti menetapkan 40% dari jumlah populasi yang dapat mewakili populasi
dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling.
Selanjutnya gambaran pelaksanaan supervisi pendidikan di SD Kecamatan
Percut Sei Tuan berada dalam kategori baik, dimana nilai rata – ratanya ialah 48,45
sedangkan kinerja guru di SD Kecamatan Percut Sei Tuan berada dalam kategori
produkif, dimana rata – rata nilainya ialah 67,9. Adapun hasil analisis data dengan
uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,961 (termasuk
dalam kategori cukup) dengan rtabel = 0,320 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha
5%. Dengan demikian 0,961 > 0,320 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel
maka pelaksanaan supervisi pendidikan memiliki hubungan yang positif dengan
kinerja guru.
Untuk mengetahui signifikansi hubungan pelaksanaan supervisi pendidikan
dengan kinerja guru digunakan rumus uji t. Dari uji tersebut diperoleh thitung = 21,37
dengan ttabel = 1,303 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian
21,37 > 1,303 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat
dikatakan signifikan. Pelaksanaan Supervisi Pendidikan (X) mempunyai kontribusi
terhadap Kinerja Guru (Y) SD di Kec. Percut Sei Tuan.
Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara
pelaksanaan supervisi pendidikan dengan kinerja guru di SD Kec. Percut Sei Tuan”
dapat diterima. Dimana semakin tinggi pelaksanaan supervisi pendidikan maka
semakin tinggi kinerja guru yang diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 185 |
Keywords: | Supervisi Pendidikan; Kinerja Guru;Kepala Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 04:40 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21506 |