Sipahutar, Sri Khaurani (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 107417 SEI MERAH T.A 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123111089 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2.NIM 1123111089 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (780kB) | Preview
3.NIM 1123111089 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4.NIM 1123111089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
5.NIM 1123111089 DAFTAR ISI doc.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
6.NIM 1123111089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7.NIM 1123111025 GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8.NIM 1123111089 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9.NIM1123111089 DAFTAR LAMPIRAN - Copy.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
10.NIM 1123111089 BAB I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
14.NIM 1123111089 BAB V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
15.NIM 1123111089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPA materi pokok energi dan perubahanya di kelas IV SD Negeri 107417 Sei Merah T.A 2015/2016. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 107417 Sei Merah dengan jumlah siswa 30 orang siswa terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada pre tes hasil yang diperoleh dari 30 siswa terdapat 8 orang siswa yang memperoleh nilai tuntas, dengan persentase (26,70%) dan sebanyak 22 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase (73,30%). Pada tes siklus I terdapat 16 orang siswa mendapat nilai tuntas dengan persentase (53,30%) dan sebanyak 14 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase (46,70%). Dan pada tes siklus II terdapat 29 orang siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase (86,67%) dan sebanyak 4 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase (13,33%). Melihat ketuntasan yang diperoleh >85% maka secara klasikal sudah mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan. Dengan demikian dapat disarankan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi pokok energi dan perubahanya di kelas IV SD Negeri 107417 Sei Merah T.A 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 189 |
Keywords: | Mind Mapping; IPA; Energi dan Perubahanya; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 04:34 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21505 |