Rahmah, Siti (2016) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PENGEMBANGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA 01 CABANG MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1123113022 SITI RAHMAH - COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
02 NIM 1123113022 SITI RAHMAH - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (784kB) | Preview
03 NIM 1123113022 SITI RAHMAH - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
04 NIM 1123113022 SITI RAHMAH - PREFACE.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
05 NIM 1123113022 SITI RAHMAH - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
06 NIM 1123113022 SITI RAHMAH - TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
07 NIM 1123113022 SITI RAHMAH - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
08 NIM 1123113022 SITI RAHMAH - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
09 NIM 1123113022 SITI RAHMAH - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
13 NIM 1123113022 SITI RAHMAH - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14 NIM 1123113022 SITI RAHMAH - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita
terhadap pengembangan kepercayaan diri anak kelompok usia 5-6 tahun di TK
ABA 01 Cabang Medan. Penelitian ini dilakukan dilembaga TK ABA kelompok
B2 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B1 sebagai kelas kontrol. Yang
ditentukan secara random dengan jumlah sampel disetiap kelas sebanyak 20 orang
anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas adalah
metode bercerita sedangkan variabel terikat adalah pengembangan kepercayaan
diri. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis
dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan
uji signifikasi pada taraf nyata α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas
eksperimen 39,5 dengan nilai tertinggi 48 dan nilai terendah 35, sedangkan nilai
rata-rata pada kelas kontrol 24,45 dengan nilai tertinggi 35 dan nilai terendah 15.
Berdasarkan hasil tersebut terdapat perbedaan antara metode bercerita dengan
metode tanya jawab. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,336
>1,707 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian Ho ditolah Ha diterima, sehingga
dapat dinyatakan: “Ada pengaruh yang signifikan pada metode bercerita terhadap
pengembangan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di TK ABA 01 Cabang
Medan T.A. 2015/2016” teruji kebenarannya.
Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan diatas dapat ditarik
kesimpulan bahwa pembelajaran dengan penggunaan metode bercerita dapat
mengembangan kepercayaan diri anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 024 |
Keywords: | Kepercayaan Diri; Metode Bercerita; Metode Tanggung Jawab |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 06:29 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 06:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21474 |