Butar Butar, Eva Paulina Aprillia (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 5 – 6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK NASIONAL PLUS GENERASI BINTANG MEDAN T. A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 EVA PAULINA APRILIA BUTAR BUTAR - COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
02 EVA PAULINA APRILIA BUTAR BUTAR - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (810kB) | Preview
03 EVA PAULINA APRILIA BUTAR BUTAR - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
04 EVA PAULINA APRILIA BUTAR BUTAR - PREFACE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
05 EVA PAULINA APRILIA BUTAR BUTAR - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
06 EVA PAULINA APRILIA BUTAR BUTAR - TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07 EVA PAULINA APRILIA BUTAR BUTAR - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 EVA PAULINA APRILIA BUTAR BUTAR - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
09 EVA PAULINA APRILIA BUTAR BUTAR - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
13 EVA PAULINA APRILIA BUTAR BUTAR - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14 EVA PAULINA APRILIA BUTAR BUTAR - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah :Apakah dengan metode bermain
peran dapat meningkatkan berpikir logis anak usia 5-6 tahun di TK Nasional Plus
Generasi Bintang Medan T.A 2015/2016.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis
anak usia 5-6 tahun dan penggunaan metode bermain peran. Objek penelitian ini
adalah metode bermain peran untuk meningkatkan berpikir logis pada anak usia 5-
6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
adalah seluruh anak kelas usia 5-6 tahun yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini
dilakukan 2 siklus. Setiap siklus 2 kali pertemuan. Data dikumpulkan dengan
menggunakan test performance (tes unjuk kerja) dan observasi.
Hasil analisis siklus I menunjukkan bahwa berpikir logis anak berada pada
perolehan data yaitu dalam kategori Sangat Baik, tidak terdapat anak yang
meningkat kemampuan berpikir logisnya. Untuk kategori Baik terdapat 7 orang
anak dengan persentase 30%. Untuk kategori Cukup terdapat 16 orang anak
dengan persentase 70%. Dan tidak terdapat anak dalam kategori Kurang dan
Sangat Kurang. Penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan perbaikan kebebasan
bermain peran. Setelah siklus II dilakukan telah meningkat terlihat bahwa dalam
kegiatan bermain peran kategori Sangat Baik terdapat 14 orang anak dengan
persentase 61%. Pada kategori Baik terdapat 9 orang anak dengan persentase
39%. Sedangkan tidak terdapat anak pada kategori Cukup, Kurang, dan Sangat
Kurang, lebih dari setengah anak sudah bisa melakukan kegiatan bermain peran
untuk meningkatkan berpikir logis dan tidak perlu ada perbaikan lagi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan metode
bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun
di TK Nasional Plus Generasi Bintang Medan T.A 2015/2016. Dengan demikian
metode bermain peran dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk
meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 041 |
Keywords: | Berpikir Logis; Bermain; Perkembangan Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 04:31 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21466 |