PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SANTA LUSIA MEDAN T.A 2015/2016

aban, Defita (2016) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SANTA LUSIA MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 1123113006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1123113006 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 112311006 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 112311006 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1123113006 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1123113006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1123113006 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1123113006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1123113006 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1123113006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1123113006 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1123113006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1123113006 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1123113006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 1123113006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 1123113006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 1123113006BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 1123113006BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1123113006 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1123113006 BAB V.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 1123113006 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 1123113006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini yang menjadi masalah adalah kemampuan motorik kasar anak belum meningkat dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di Tk Santa Lusia Medan pada semester genap T.A 2015/2016.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group Design yakni menempatkan subjek penelitian ke dalam dua kelompok (kelas) yang dibedakan menjadi kategori kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 25 anak. Variabel bebas adalah permainan tradisional lompat tali, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan motorik kasar anak. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji-t. Observasi dilakukan pengobservasi dengan panduan observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh nilai rata- rata pada kelas eksperimen 23,36 dengan nilai tertinggi 27 dan nilai terendah 16, sehingga kemampuan motorik kasar anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata- rata pada kelas eksperimen 16,92 dengan nilai tertinggi 20 dan nilai terendah 9, sehingga kemampuan motorik kasar anak pada kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan.
Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa Thitung (8,473) >Ttabel (1,6892) pada taraf α = 0,05. Dengan demikian kegiatan permainan tradisional lompat tali berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan motorik kasar anak pada usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Medan T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PAUD 039
Keywords: Motorik Dasar; Anak 5-6 Tahun; Permainan Tradisional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Nov 2016 04:27
Last Modified: 15 Nov 2016 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21465

Actions (login required)

View Item
View Item