Sirumapea, Marizal (2016) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA BIDANG STUDI EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 20 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
NIM. 8146122025 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM. 8146122025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
NIM. 8146122025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
NIM. 8146122025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
NIM. 8146122025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
NIM. 8146122025 TABLES.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
NIM. 8146122025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM. 8146122025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
NIM. 8146122025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
NIM. 8146122025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
NIM. 8146122025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
Abstract
Seiring majunya perkembangan dunia pendidikan, semakin banyak pula metode serta media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar dalam pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Media pembelajaran interaktif berbasis CTL ini mengembangkan materi Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi dengan subjek penelitian pada SMA Negeri 20 Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket tanggapan, lembar observasi, angket pengamatan, dan dokumentasi. Penelitian pengembangan media melalui beberapa tahap yaitu tahapan defenisi dilakukan wawancara analisis kebutuhan dan masalah yang ada pada lokasi penelitian pengembangan. Tahap kedua dilakukan perancangan media berupa naskah media yang akan dikembangakan. Tahap terakhir adalah tahap pengembangan dilakukannya penilaian pada hasil media yang dikembangakan kemudian diuji cobakan terhadap siswa skala kecil dan skala besar. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berupa media interaktif berbasis CTL sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Terbukti dengan penilaian oleh ahli materi mendapat nilai rata-rata 3,69 dengan tingkat persentase kelayakan 74,00% dengan kategori “Layak”, ahli media mendapat nilai rata-rata 4,36 dengan tingkat persentase kelayakan 89% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli desain pembelajaran 4,00 dengan tingkat persentase kelayakan 80% dengan kategori “Layak” dan guru ekonomi SMA 3,87 dengan tingkat persentase kelayakan 77,34% dengan kategori “Sangat Layak” serta pendapat siswa pada uji skala kecil 4,26 dengan tingkat persentase kelayakan 85% dengan kategori “Sangat Layak” selanjutnya uji skala besar 4,30 dengan tingkat persentase kelayakan 86 % dengan kategori “Sangat Layak”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Sir p |
Keywords: | Pengembangan media belajar; Contextual teaching and learning; Media interaktif |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 03:49 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21458 |