Simarmata, Rosianna Agustina (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SWASTA CHANDRA KUSUMA DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER THESIS.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. Abstrak B. Indonesia & B. Inggris.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Langsung, (2) perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, (3) interaksi model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar Matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Chandra Kusuma Deli Serdang sebanyak 3 kelas dengan jumlah 72 siswa. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari 48 siswa. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar Matematika digunakan tes objektif berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban terdiri dari 26 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Untuk memperoleh data kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan dengan menggunakan angket yang telah diuji kevalidan dan reliabilitasnya. Bentuk soal adalah tes uraian terbatas sebanyak 25 butir soal. Untuk menganalisis tes hasil belajar Matematika digunakan rumus Korelasi Point Biserial, sedangkan analisis angket kemampuan berpikir kreatif menggunakan rumus Product Moment. Metode penelitian menggunakan Quasi eksperimen, dengan desain penelitian 2 x 2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi ∝ = 0.05. Syarat ANAVA adalah data harus berdistribusi normal berdasarkan ketentuan tabel Lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogeny berdasarkan uji Fisher dan uji Barlett. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dari hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Langsung, (2) hasil belajar Matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih tinggi dari hari hasil belajar Matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, (3) terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif dalam mempengaruhi hasil belajar Matematika. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Posing dalam pembelajaran Matematika lebih efektif digunakan bagi siswa dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi. Implikasi penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Matematika agar menerapkan model pembelajaran Problem Posing dalam pembelajaran serta memperhatikan perkembangan kemampuan berpikir kreatif siswa selama pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sim p |
Keywords: | Hasil belajar matematika; Model pembelajaran; Berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 03:42 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21455 |