Manurung, Kennedy (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAGAR MERBAU KECAMATAN PAGAR MERBAU KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1 Kennedy Manurung Nim. .8116122009 Cover.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2 Kennedy Manurung Nim. .8116122009 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3 Kennedy Manurung Nim. .8116122009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4 Kennedy Manurung Nim. .8116122009 KAta Pengantar.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5 Kennedy Manurung Nim. .8116122009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6 Kennedy Manurung Nim. .8116122009 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 Kennedy Manurung Nim. .8116122009 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9 Kennedy Manurung Nim. .8116122009 BAB I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
12 Kennedy Manurung Nim. .8116122009 BAB V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14 Kennedy Manurung Nim. .8116122009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn dan keterampilan sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Merbau. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dan keterampilan sosial siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Merbau Kecamatan Pagar Merbai Kabupaten Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Merbau sebanyak satu kelas yang berjumlah 30 orang siswa. Objek penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan hasil belajar PKn dan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran Poblem Based Learning di kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Merbau. Penelitian ini dilaksanakan dalam kelas meliputi kegiatan Classroom Action Research (CAR) berupa kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan Classroom Action Research (CAR) dilakukan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan ulangan harian untuk melihat hasil belajar PKn siswa. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa Hasil belajar PKn melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning meningkat. Hal ini diperoleh melalui hasil evaluasi siklus I menunjukkan skor rata-rata kelas mencapai 65,23 dan pada siklus II rata-rata kelas mencapai 77,86. Dengan demikian skor rata-rata dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 12,63. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal mencapai 43,33% dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal mencapai 83,33%. Sehingga melalui penjelasan tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan pada persentase ketuntasan klasikal sebesar 40%. Persentase keterampilan sosial siswa hasil observasi siklus I pertemuan I termasuk kategori rendah yaitu sebesar 46,67%, siklus I pertemuan II termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 33,33%, siklus siklus II pertemuan I termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 53,33%, dan siklus II pertemuan II termasuk kategori sangat tinggi yaitu sebesar 90,00%. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn dan keterampilan sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Merbau Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Man u |
Keywords: | Hakikat belajar; Aktivitas belajar; Keterampilan sosial; PPKn; Model pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 03:33 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21453 |