Ginting, Mutiara (2016) HUBUNGAN KEGIATAN BERNYANYI DENGAN KECERDASAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL HURUF DAN ANGKA DI PAUD GLORIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123371042 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1123371042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
3. NIM. 1123371042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
4. NIM. 1123371042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. NIM. 1123371042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 1123371042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
7. NIM. 1123371042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (856kB) | Preview
8. NIM. 1123371042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 1123371042 BAB I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
13. NIM. 1123371042 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 1123371042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu anak kurang tertarik dalam mengenal huruf dan angka, anak juga kurang mengenal simbol dari yang diucapkannya, selain itu media pembelajarannya pun kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat adanya hubungan antara kegiatan bernyanyi dengan kecerdasan kognitif anak dalam mengenal huruf dan angka.
Kecerdasan kognitif merupakan dasar bagi kemampuan anak untuk berfikir, hal ini sejalan dengan pendapat Susanto (2011) yang menyatakan bahwa kognitif merupakan proses berfikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Bernyanyi adalah membawakan atau mendendangkan sebuah lagu yang mengandung kosa kata sehingga dapat mempermudah anak mengenal huruf atau angka yang ada dalam lagu yang dinyanyikan. Asti (2007) mengemukakan bahwa bernyanyi bagi anak merupakan kegiatan yang menggunakan instrumen suara yang dapat menambah perbendaharan kata serta wawasan mengenai hal-hal yang belum dikatahui.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriftif kuantitatif. Sampel yang diambil 23 Orang, yaitu semua anak PAUD Gloria. Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi yang dirancang secara sistematis tentang apa yang akan diamati, kapan dan dimana tempatnya. Serta dokumentasi dimana merupakan catatan-catatan atau foto ketika diadakan penelitian.
Hasil analisi data menunjukkan data antara variabel kegitan bernyanyi dan kecerdasan kognitif anak dalam mengenal huruf dan angka memiliki hubungan yang positif yaitu sebesar r 0,8292% dengan kecerdasan kognitif anak dalam mengenal huruf dan angka artinya ketika anak aktif bernyanyi akan menambah kemampuan kognitifnya terkhusus dalam mengenal huruf dan angka. Begitu juga sebaliknya, anak yang kurang aktif bernyanyi maka kemampuan kognitifnya juga kurang meningkat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PLS 043 |
Keywords: | Kecerdasan; Bernyanyi; Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Nov 2016 07:06 |
Last Modified: | 14 Nov 2016 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21433 |