Nainggolan., Arnold (2016) HASIL PENERAPAN PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DALAM PROGRAM KEJAR PAKET C DI PKBM (PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT) MERAH PUTIH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1134471001_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1134471001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
3. NIM. 1134471001_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1134471001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 1134471001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 1134471001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 1134471001_BAB I.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
11. NIM. 1134471001_BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
12. NIM. 1134471001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak Tutor yang kurang tepat menerapkan metode pembelajaran kepada peserta didik di setiap lembaga Pendidikan Non Formal, terkhusus kepada peserta didik yang berada di PKBM Merah Putih Kecamatan Merah Putih Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran partisipatif oleh Tutor dalam program kejar paket C di PKBM Merah Putih Medan.
Menurut (Sudjana 2001:2) “ Pembelajaran partisipatif yaitu suatu pembelajaran yang berpusat pada siswa, maksudnya yaitu kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk terlibat dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran sedangkan guru sebagai fasilitator”.
Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 60 Orang Peserta Didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan teknik analisi data yaitu
.
Dari hasil analisis data diperoleh melalui peserta didik atau responden berpendapat 49,13% Peserta Didik atau Responden penelitian Dominan berpendapat bahwa telah diterapkan Oleh Tutor pembelajaran partisipatif dalam program kejar paket C dan namu rentang tersebut berada pada rentang Kurang Baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PLS 022 |
Keywords: | Pembelajaran; Tutor; Partisifatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Nov 2016 08:55 |
Last Modified: | 11 Nov 2016 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21403 |