Putri., Dian Aulia (2016) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TEHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-L PECANDU GAME ONLINE DI SMP NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123151010 COVER.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
2. NIM 1123151010 LEMBAR PENGESAHAN.docx.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
3. NIM 1123151010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. NIM 1123151010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM 1123151010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
6. NIM 1123151010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM 1123151010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 1123151010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM 1123151010 BAB I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
13. NIM 1123151010 BAB V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
14. NIM 1123151010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh
pemberian layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap
konsentrasi belajar siswa kelasVIII-L pecandu game online di SMP Negeri 10
MedanTahun Ajaran 2015/ 2016? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik problem
solving terhadap konsentrasi belajar siswa kelas VIII-L pecandu game online di
SMPNegeri 10 MedanTahun Ajaran 2015/ 2016.
Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-L di SMP Negeri 10
Medan Tahun Ajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 30 siswa. Penulis memilih kelas
VIII-L dikarenakan membutuhkan arahan dalam konsentrasi belajar siswa
pecandu game online. Cara pengambilan sampel untuk mengetahui konsentrasi
belajar siswa pecandu game online dengan menggunakan teknik scraning
(penyaringan) sebanyak 10 orang yang berasal dari kelas VIII-L. Bentuk angket
yang digunakan adalah bentuk pilihan atau multiple choice sebanyak 30 butir
angket yang terlebih dahulu diujicobakan kepada siswa kelas VIII-K kemudian
dianalisis untuk mendapatkan butir item yang valid dan reliabel. Dari hasil uji
coba diperoleh 17 butir item angket yang valid dan reliabel sehingga dapat untuk
mengumpulkan data selanjutnya.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pre-test dan
post-test. Pre-test diberikan sebelum dilakukan bimbingan kelompok dan post-test
diberikan setelah dilakukan bimbingan kelompok. Pengujian hipotesis ini
menggunakan uji beda yaitu: jika thitung > ttabel pada taraf α = 0.05 ha diterima ho
ditolak dan jika thitung < ttabel pada taraf α = 0.05 ha ditolak ho diterima. Pada taraf
α = 0,05 diperoleh sebesar 2,262, maka thitung (4,714) > ttabel (2,262). Maka
hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan
layanan bimbingan kelompok terhadap konsentrasi belajar siswa kelas VIII-L
pecandu game online di SMP Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2015/2016 dapat
diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 060 |
Keywords: | Bimbingan kelompok; teknik problem solving; konsentrasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 06:09 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 06:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21390 |