Sihombing, Farahdina T (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS VIII-4 DI SMP NEGERI 15 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123151016 COVER.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
2. NIM. 1123151016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (816kB) | Preview
3. NIM. 1123151016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
4. NIM. 1123151016 KATA-PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. 1123151016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
6. NIM. 1123151016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM. 1123151016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
9. NIM. 1123151016 BAB I.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
13. NIM. 1123151016 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 1123151016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap peningkatkan perilaku prososial siswa kelas VIII-4 di SMP Negeri 15 Medan tahun pelajaran 2015/2016. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap peningkatkan perilaku prososial siswa kelas VIII-4 di SMP Negeri 15 Medan tahun pelajaran 2015/2016. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap peningkatkan perilaku prososial siswa siswa kelas VIII-4 di SMP Negeri 15 Medan tahun pelajaran 2015/2016.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pre-test post-test group design, subjek penelitian adalah siswa yang memiliki perilaku prososial yang rendah berjumlah 10 siswa. Alat pengumpul data dilakukan melalui wawancara tidak berstruktur dengan guru BK dan dengan pemberian kuesioner (angket). Analisa data adalah uji wilcoxon untuk melihat perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.
Hasil penelitian memperoleh rata-rata pre-test kelompok eksperimen sebesar 51,8 dan rata-rata post-test sebesar 67,7. Hasil uji wilcoxon menunjukkan T(0) < T0,05(8). dengan demikian berarti H1 diterima dan Ho ditolak. Hal ini diperkuat dengan nilai Zhitung < Ztabel, yaitu -2,803 < -1,96, sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatkan perilaku prososial siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 15 Medan tahun pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 054 |
Keywords: | Prilaku Prososial;Bimbingan Kelompok; Teknik Sosiodrama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 06:06 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 06:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21389 |