Harahap, Ummi kalsum (2016) MENINGKATKAN SIKAP EMPATI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATANG ANGKOLA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123151039 COVER.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
2. NIM 1123151039 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 1123151039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM 1123151039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5. NIM 1123151039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 1123151039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 1123151039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 1123151039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 1123151039 BAB I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13. NIM 1123151039 BAB V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
14. NIM 1123151039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah : ” Meningkatkan sikap empati siswa Kelas VIII SMP
Negeri 1 Batang Angkola Tahun Ajaran 2015/2016 melalui layanan bimbingan
kelompok teknik problem solving” Dalam penelitian ini diajukan hipotesis yakni
“Sikap empati dapat meningkat melalui bimbingan kelompok teknik problem
solving di kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Angkola Tahun Ajaran 2015/2016”.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling
(PTBK), dengan menerapkan suatu tindakan nyata yaitu bimbingan kelompok
dengan teknik problem solving. Dengan melakukan 3 siklus. Adapun yang
menjadi subjek penelitian adalah siswa-siswi Kelas VIII SMP Negeri 1
Batang Angkola sebanyak 24 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam
penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII-A SMP Negeri 1 Batang Angkola
yang sikap empatinya kurang atau sangat rendah sebanyak 10 orang. Data
penelitian diambil dengan melakukan observasi dan melalui angket.
Sedangkan data yang sudah diperoleh dianalisis dengan analisis regresi
sederhana ditambah analisis korelasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan analisis data diketahui bahwa
berdasarkan tabel keaktifan siswa dan perhatian siswa dalam mengikuti
bimbingan kelompok dari sepuluh responden umumnya rendah, baru ada
peningkatan pada siklus 2 dan ketiga. Pada siklus 2 keaktifan dan perhatian siswa
mulai meningkat 12,5% dari siklus I. Pada siklus ke 3 responden dalam mengikuti
bimbingan kelompok dikategorikan sangat aktif dan sangat perhatian walaupun
belum maksimum (90%), dengan arti kata perhatian sudah mulai aktif dan tinggi
karena ada peningkatan 17,5% dari siklus 1. Sesuai analisis data diketahui bahwa
nilai F hitung = 13,581. Bila dibandingkan dengan nilai F tabel dengan sampel 10
diketahui F-tabel = 4,56, ternyata nilai F-hitung lebih besar dari nilai F-tabel =
4,58 (13,581 ≥ 4,58). Hal ini menggambarkan bahwa ada pengatuh positif
bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap peningkatan sikap empati
siswa maka hipotesis diterima kebenarannya. Besar pengaruh bimbingan
kelompok terhadap peningkatan sikap empati siswa sebesar 6,29%. Dengan
demikian dapat disebutkan bahwa apabila bimbingan kelompok teknik problem
solving dilakukan semakin baik maka sikap empati siswa akan semakin baik atau
meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 071 |
Keywords: | Teknik Problem Solving;; Bimbingan Kelompok; Empati |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 04:28 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21381 |