Lubis, Anggi Muharman (2016) PENGARUH PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI DALAM MENGURANGI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SMA N 11 MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 1103151003 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
NIM 1103151003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
NIM 1103151003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM 1103151003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM 1103151003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
NIM 1103151003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
NIM 1103151003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
NIM 1103151003 BAB I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
NIM 1103151003 BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
NIM 1103151003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh pemberian
layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk mengurangi kesulitan belajar
matematika di SMA N 11 Medan TA. 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik
diskusi dalam mengurangi kesulitan belajar matematika di SMA N 11 Medan TA.
2015/2016
Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu dengan desain pre-test dan
post-test. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode
purposive sampling dari siswa yang berjumlah 30 orang sehingga diketahui 10
orang siswa yang akan diberikan layanan bimbingan kelompok. Data penelitian
dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu angket mengurangi kesulitan
belajar matematika sebanyak 35 butir yang terlebih dahulu diujicobakan dan
dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliable.
Dari hasil analisis diperoleh data Pre-Test rata-rata = 80% termasuk
kategori sedang dan 20% termasuk kategori tinggi, dan rata-rata Post-Test =10%
termasuk kategori rendah dan 90% sedang. Teknik uji hipotesis menggunakan
rumus uji wilcoxon yang memperoleh hasil hitung J = 0 sedangkan harga tabel J = 8,
maka terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan layanan bimbingan
kelompok teknik diskusi dalam mengurangi kesulitan belajar matematika di SMA
N 11 Medan Ta. 2015/2016. pada taraf nyata = 0,05. Hal ini terlihat dari hitung J
< tabel J (0 < 8).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 076 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Teknik Diskusi; Kesulitan Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 04:25 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21380 |