Sari, Mila (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DI SMA YAYASAN SINAR HUSNI TA. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 109151036_COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 109151036_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (741kB) | Preview
3. NIM. 109151036_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 109151036_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. NIM. 109151036_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 109151036_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 109151036_BAB I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
11. NIM. 109151036_BAB V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
12. NIM. 109151036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. Rumusan masalah penelitian ini adalah adakah pengaruhlayanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadapkemampuan berfikir kreatif siswa di SMA Yayasan Sinar HusniTahun Ajaran 2015/2016? Sedangkan tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompokteknik problem solving. terhadap perkembangan kemampuan berfikir kreatif siswadiSMA Yayasan Sinar Husni TA. 2015/2016.
Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 SMA Yayasan Sinar Husni TA. 2015/2016 yang berjumlah 29orang siswa. Adapun teknik pengambilan sampel data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebesar 9 orang yang diambil berdasarkan skor total dari pengisian instrumen angket yang mengandung karakteristik karakter kemampuan berfikir kreatifyang disebar pada siswa kelas yang dianggap memiliki tingkat kemampuan berfikir kreatif yang cenderung rendah. Dari penyebaran angket itu diperoleh data 7 orang yang memiliki skor rendah dan yang tinggi 2 orang. Hasil penentuan sampel ini dilakukan oleh peneliti bersama-sama guru BK di sekolah SMA Yayasan Sinar Husni TA. 2015/2016.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya penerapan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving (pre test)keadaan kemampuan berfikir kreatif siswa dengan rata-rata 44,55 dan setelah dilaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving(post test) keadaan kemampuan berfikir kreatif siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 53,11.
Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan perhitungan uji wilcoxon, memperoleh hasil perhitungan nilai Asymp. Sig. = 0,021 <α = 0,05 maka H1 diterima sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa SMA Yayasan Sinar HusniTahun Ajaran 2015/2016 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 037 |
Keywords: | Layangan Bimbingan Kelompok; Teknik Problem Solving; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 07:16 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21348 |