Rambe, Sri Muspika (2016) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN SIKAP SISWA PADA PERATURAN SEKOLAH SMP SWASTA ISLAM KOTA PARIT, BAGAN BATU, RIAU T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123351026 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 1123351026 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
3. NIM 1123351026 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. NIM 1123351026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM 1123351026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6. NIM 1123351026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM 1123351026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 1123351026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 1123351026 BAB 1.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
13. NIM 1123351026 BAB 5.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 1123351026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap peningkatan sikap siswa pada peraturan sekolah SMP Swasta Islam Kota Parit, Bagan Batu, Riau T.A 2016/2017? Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap peningkatan sikap siswa pada peraturan sekolah SMP Swasta Islam Kota Parit, Bagan Batu, Riau T.A 2016/2017”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang siswa yang memiliki sikap terhadap peraturan sekolah yang cenderung rendah, dan akan diberikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu angket sikap terhadap peraturan sekolah sebanyak 40 butir item, yang sebelumnya diuji cobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliabel sehingga menjadi 31 item sebagai alat pengumpul data.
Dari hasil analisis diperoleh data pre-test sikap siswa terhadap peraturan sekolah rata-rata = 62,75, termasuk kategori rendah dengan Standar Deviasi (SD) = 3,62. Sedangkan hasil analisis data post-test rata-rata = 85,75, termasuk kategori tinggi dengan Standar Deviasi (SD) = 7,20. Teknik uji hipotesis mengunakan uji wilcoxon (J) dengan hasil Jhitung = 0 sedangkan untuk n – 12, a = 0,05 maka Jtabel = 14. Oleh karena itu J(0) <J0,05 (14) maka H0 ditolak. Artinya terdapat peningkatan internal sikap siswa terhadap peraturan sekolah senilai 36,65%. Dengan demikian, Hipotesis diterima yang artinya ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap peningkatan sikap siswa pada peraturan sekolah SMP Swasta Islam Kota Parit, Bagan Batu, Riau T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 094 |
Keywords: | Bimbingan kelompok teknik diskusi; Sikap terhadap peraturan sekolah;Peraturan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 04:40 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21331 |