PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PERILAKU SISWA YANG KURANG MEMATUHI DISIPLIN BELAJAR KELAS VIII SEKOLAH SMP NEGERI 1 SALAK T.A 2015/2016

Cibro, Heppy (2016) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PERILAKU SISWA YANG KURANG MEMATUHI DISIPLIN BELAJAR KELAS VIII SEKOLAH SMP NEGERI 1 SALAK T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM 1123151020 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 1123151020 COVER.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 1123151020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02 NIM 1123151020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 1123151020 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03 NIM 1123151020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 1123151020 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04 NIM 1123151020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 1123151020 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05 NIM 1123151020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 1123151020 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
06 NIM 1123151020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM 1123151020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
07 NIM 1123151020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM 1123151020 BAB I.pdf]
Preview
Text
08 NIM 1123151020 BAB I.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 12 NIM 1123151020 BAB V.pdf]
Preview
Text
12 NIM 1123151020 BAB V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 1123151020 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13 NIM 1123151020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini : Apakah ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok tekknik diskusi terhadap perilaku siswa yang kurang mematuhi disiplin belajar siswa SMP Negeri 1 Salak Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap perilaku siswa yang kurang mematuhi disiplin belajar.
Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Salak yang terdiri dari 7 orang siswa yang mempunyai disiplin belajar yang rendah dan tiga orang disiplin belajarnya tinggi. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat disiplin belajar siswa yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui tingkat belajar siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Jenis penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi berpengaruh terhadap kestabilan emodi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salak Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini tergambar dengan hasil uji wicoxon yang dilakukan dengan hasil diperolehJhitung= 28, dengan α = 0,05 dan n = 10 maka berdasarkan daftar, Jtabel= 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung lebih besar dari Jtabel maka hipotesis Ho diterima artinya hipotesis yang menyatakanbahwa perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga, disiplin belajar siswa meningkat sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa SMP Negeri 1 Salak T.A 2015/2016, dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BK 086
Keywords: Bimbingan Kelompok; Teknik Diskusi; Disiplin Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Nov 2016 03:44
Last Modified: 09 Nov 2016 03:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21320

Actions (login required)

View Item
View Item