Cibro, Heppy (2016) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PERILAKU SISWA YANG KURANG MEMATUHI DISIPLIN BELAJAR KELAS VIII SEKOLAH SMP NEGERI 1 SALAK T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1123151020 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
02 NIM 1123151020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03 NIM 1123151020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
04 NIM 1123151020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
05 NIM 1123151020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
06 NIM 1123151020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07 NIM 1123151020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
08 NIM 1123151020 BAB I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
12 NIM 1123151020 BAB V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
13 NIM 1123151020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini : Apakah ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok tekknik diskusi terhadap perilaku siswa yang kurang mematuhi disiplin belajar siswa SMP Negeri 1 Salak Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap perilaku siswa yang kurang mematuhi disiplin belajar.
Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Salak yang terdiri dari 7 orang siswa yang mempunyai disiplin belajar yang rendah dan tiga orang disiplin belajarnya tinggi. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat disiplin belajar siswa yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui tingkat belajar siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Jenis penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi berpengaruh terhadap kestabilan emodi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salak Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini tergambar dengan hasil uji wicoxon yang dilakukan dengan hasil diperolehJhitung= 28, dengan α = 0,05 dan n = 10 maka berdasarkan daftar, Jtabel= 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung lebih besar dari Jtabel maka hipotesis Ho diterima artinya hipotesis yang menyatakanbahwa perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga, disiplin belajar siswa meningkat sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa SMP Negeri 1 Salak T.A 2015/2016, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 086 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Teknik Diskusi; Disiplin Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 03:44 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21320 |