Siahaan, Fine Eirene (2016) EFEK MODEL SCIENTIFIC INQUIRY BERORIENTASI KOLABORATIF MENGGUNAKANMACROMEDIA FLASHDAN MOTIVASI TERHADAP PENGETAHUAN ILMIAH FISIKA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146175010 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 8146175010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
3. NIM. 8146175010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4. NIM. 8146175010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM. 8146175010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6. NIM. 8146175010 TABELS.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7. NIM. 8146175010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM. 8146175010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
9. NIM. 8146175010 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
13. NIM. 8146175010 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM. 8146175010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah sebuah studi tentang“efek model scientific inquiry berorientasi kolaboratif menggunakan macromedia flashdan motivasi terhadap pengetahuan ilmiah fisika SMA”. Penelitian bertujuan untuk mengetahui interaksi antara model scientific inquiry berorientasi kolaboratif menggunakan macromedia flash dan motivasi terhadap pengetahuan ilmiah fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pematangsiantar. Sampel untuk penelitian ini dilakukan secara Cluster Random Sampling yang dikategorikan menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen pengetahuan ilmiah fisika dalam bentuk essai sebanyak 5 soal dan instrumen motivasi bentuk angket sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengetahuan ilmiah fisika siswa yang menerapkan model scientific inquiry berorientasi kolaboratif menggunakan macromedia flash lebih baik dari pada pengetahuan ilmiah fisika dengan model pembelajaran direct instruction. Pengetahuan ilmiah fisika siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dari pada pengetahuan ilmiah fisika siswa yang memiliki motivasi rendah. Model scientific inquiry berorientasi kolaboratif menggunakan macromedia flash dan model pembelajaran Direct Instruction dengan motivasi berinteraksi dalam mempengaruhi pengetahuan ilmiah fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sia e |
Keywords: | Model scientific inquiry; Kolaboratif; Motivasi; Pengetahuan ilmiah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 04:48 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21238 |