PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Simanjuntak, Naomi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 146175022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 146175022 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146175022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146175022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146175022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146175022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146175022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146175022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146175022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146175022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146175022 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146175022 TABLES.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146175022 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146175022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146175022 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146175022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146175022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146175022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146175022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146175022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM. 8146175022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM. 8146175022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil keterampilan proses sains siswa dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan macromedia flash dengan pembelajaran konvensional, dan mengetahui apakah ada perbedaan Keterampilan proses sains siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi yang rendah ,serta untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training menggunakan macromedia flash dan tingkat motivasi dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan two group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Siatas Barita Kab.Tapanuli Utara tahun ajaran 2015/2016. Pemilihan sampel diambil secara cluster random class. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media macromedia flash dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains dan angket motivasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Inquiry Training menggunakan macromedia flash lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa, keterampilan proses sains siswa pada kelompok siswa yang memiliki motivasi yang tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki motivasi yang rendah, terdapat interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media macromedia flash dengan motivasi dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Sim p
Keywords: Inquiry training; Macromedia flash; Motivasi; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Nov 2016 04:43
Last Modified: 07 Nov 2016 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21236

Actions (login required)

View Item
View Item