Simanjuntak, Naomi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 146175022 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM. 8146175022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. NIM. 8146175022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM. 8146175022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM. 8146175022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 8146175022 TABLES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 8146175022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
8. NIM. 8146175022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM. 8146175022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
13. NIM. 8146175022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
14.NIM. 8146175022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil keterampilan proses sains siswa dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan macromedia flash dengan pembelajaran konvensional, dan mengetahui apakah ada perbedaan Keterampilan proses sains siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi yang rendah ,serta untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training menggunakan macromedia flash dan tingkat motivasi dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan two group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Siatas Barita Kab.Tapanuli Utara tahun ajaran 2015/2016. Pemilihan sampel diambil secara cluster random class. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media macromedia flash dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains dan angket motivasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Inquiry Training menggunakan macromedia flash lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa, keterampilan proses sains siswa pada kelompok siswa yang memiliki motivasi yang tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki motivasi yang rendah, terdapat interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media macromedia flash dengan motivasi dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sim p |
Keywords: | Inquiry training; Macromedia flash; Motivasi; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 04:43 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21236 |