Nasution, Unita Sukma Zuliani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146176022 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8146176022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
3. NIM. 8146176022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM. 8146176022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 8146176022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
6. NIM. 8146176022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8146176022 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 8146176022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8146176022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13. NIM. 8146176022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 8146176022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah fisika menggunakan model pembelajran problem based learning dan pembelajaran dengan model pembelajaran direct instruction, perbedaan kemampuan pemecahan masalah fisika antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis di atas rata-rata dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis di bawah rata-rata, dan interaksi model pembelajaran problem based learning dengan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan random sampling, dimana kelas eksperimen menggunakan model problem based learning dan kelas kontrol menggunakan model direct intruction. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan berpikir kritis. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur. Instrumen yang digunakan adalah dengan memberikan tes kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah pada seluruh sampel sebagai bahan masukan untuk mengetahui situasi yang sebenarnya di SMA Gajah Mada Binjai, dengan jenis penelitian kuantitatif dan analisis datanya menggunakan korelasi product moment. Dari hasil hipotesis kemampuan pemecahan masalah yang besarnya 21,52 dan 23,42 untuk model pembelajaran berpikir kritis dan kelas maka koefisien korelasi yang ditemukan adalah kuat. Uji hipotesis menggunakan spss 21 menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran langsung, kemampuan pemecahan masalah fisika siswa dengan kemampuan berpikir kritis di atas rata-rata menunjukkan perbedaan dan hasil yang lebih baik dari pada siswa dengan kemampuan berpikir kritis di bawah rata-rata, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Nas p |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan berpikir kritis; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 04:15 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21217 |