Nadeak, Yosua (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
(1) NIM.8146176025 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
(2) NIM.8146176025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
(3) NIM.8146176025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
(4) NIM.8146176025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
(5) NIM.8146176025 TABLE F CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
(6) NIM.8146176025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
(7) NIM.8146176025 TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
(8) NIM.8146176025 APPENDICESS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
(9) NIM.8146176025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
(13) NIM.8146176025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
(14) NIM.8146176025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil keterampilan pemecahan masalah siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based lerning dan pembelajaran konvensional, dan mengetahui apakah ada perbedaan Keterampilan pemecahan masalah siswa yang memiliki kterativitas yang tinggi dengan siswa yang memiliki kreativitas yang rendah ,serta untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan tingkat kreativitas dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Binjai tahun ajaran 2015/2016. Pemilihan sampel diambil secara cluster random class.Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based learning dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan pemecahan masalah dan tes berpikir kreatif. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa keterampilan pemecahan masalah fisika siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada keterampilan pemecahan masalah pembelajaran konvensional. Keterampilan pemecahan masalah siswa yang memiliki kreatifitas tinggi lebih baik daripada keterampilan pemecahan masalah yang memilik kreatifitas rendah. Model Problem Based Learning dan keterampilan berpikir kreatif berinteraksi dalam mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Nad e |
Keywords: | Model pembelajaran; Problem based learning; Konvensional; Berpikir kreatif; Keterampilan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 03:36 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21214 |