Ridhayani, Dian (2016) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA DARUSSALAM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2113142017 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM 2113142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
3. NIM 2113142017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM 2113142017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM 2113142017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM 2113142017 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 2113142017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
11. NIM 2113142017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
12. NIM 2113142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Seni Tari Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Darussalam Medan bertujuan untuk Mendeskripsikan dan mengetahui pengaruh pemanfaatan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam menari tarian Ranup Lampuan di SMA Darussalam Medan.
Untuk membahas tujuan penelitian di atas, digunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik penelitian ini yaitu teori pembelajaran, teori pembelajaran seni tari, teori hasil belajar dan media audio visual .
Waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 2 (dua) bulan, yaitu bulan juli 2016 sampai agustus 2016. Tempat lokasi penelitian adalah Sekolah Swasta SMA Darussalam Medan yang terletak di jalan. Darussalam No. 26 ABC, Medan Petisah, Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Darussalam Medan, Sedangkan Sampel penelitian adalah para siswa kelas XI IPA SMA Darussalam Medan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, yaitu teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi pustaka, penilaian angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian berdasarkan data yang terkumpul dapat diketahui bahwa Kemampuan siswa dalam pembelajaran tari Ranup Lampuan dikelas XI IPA SMA Darusalam Medan sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual diperoleh nilai rata-rata 65,10 dan 76,95. Dari data tersebut dapat dilihat adanya peningkatan nilai dari sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan media audio visual . Pembelajaran Tari Ranup Lampuan dengan menggunakan media audio visual berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Darussalam Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 TARI 032 |
Keywords: | Media Audio Visual; Hasil Belajar; Seni tari |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 08:38 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21152 |