PENGARUH MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ERIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sevtiyan, Irvan Dwi (2016) PENGARUH MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ERIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 2113311033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2113311033 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2113311033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2113311033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2113311033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2113311033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2113311033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2113311033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2113311033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2113311033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2113311033 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2113311033 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2113311033 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2113311033 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2113311033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2113311033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2113311033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2113311033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2113311033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2113311033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dan model pembelajaran
konvensional terhadap kemampuan menulis teks berita. Untuk penelitian tersebut
data diambil dari 36 sampel yang berasal dari 135 populasi. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pretest
dan Posttest. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks berita dalam bentuk
tes esai. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus:
Berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai rata-rata post test = 75,63,
standar deviasi = 10,67, dan termasuk dalam kategori sangat baik 22,22%, kategori
baik 47,22%, kategori cukup 30,55%. Sedangkan pada pre-test, nilai rata-rata =
61,11%, standar deviasi = 9,22, dan termasuk dalam kategori sangat baik 0%,
kategori baik 52,77%, kategori cukup 16,66%, kategori kurang 13,88%. Dari
analisis data menggunakan uji “t” diperoleh thitung = 6,31, selanjutnya
dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% dengan df = 36-1 =
35. Pada tabel t dengan df 35 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,03 dan taraf
signifikan 1% = 2,72, maka hipotesis penelitian yang diajukan yakni Hipotesis
Alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti model CTL (Contextual Teaching And
Learning) lebih berpengaruh dibandingkan model pembelajaran konvensional untuk
mengembangkan kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Swasta
Eria Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 162
Keywords: Model Contextual Teaching and Learning; Menulis; Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Nov 2016 01:23
Last Modified: 04 Nov 2016 01:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21127

Actions (login required)

View Item
View Item