Sevtiyan, Irvan Dwi (2016) PENGARUH MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ERIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2113311033 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 2113311033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. NIM. 2113311033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM. 2113311033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 2113311033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 2113311033 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 2113311033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM. 2113311033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
12. NIM. 2113311033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. NIM. 2113311033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dan model pembelajaran
konvensional terhadap kemampuan menulis teks berita. Untuk penelitian tersebut
data diambil dari 36 sampel yang berasal dari 135 populasi. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pretest
dan Posttest. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks berita dalam bentuk
tes esai. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus:
Berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai rata-rata post test = 75,63,
standar deviasi = 10,67, dan termasuk dalam kategori sangat baik 22,22%, kategori
baik 47,22%, kategori cukup 30,55%. Sedangkan pada pre-test, nilai rata-rata =
61,11%, standar deviasi = 9,22, dan termasuk dalam kategori sangat baik 0%,
kategori baik 52,77%, kategori cukup 16,66%, kategori kurang 13,88%. Dari
analisis data menggunakan uji “t” diperoleh thitung = 6,31, selanjutnya
dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% dengan df = 36-1 =
35. Pada tabel t dengan df 35 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,03 dan taraf
signifikan 1% = 2,72, maka hipotesis penelitian yang diajukan yakni Hipotesis
Alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti model CTL (Contextual Teaching And
Learning) lebih berpengaruh dibandingkan model pembelajaran konvensional untuk
mengembangkan kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Swasta
Eria Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 162 |
Keywords: | Model Contextual Teaching and Learning; Menulis; Berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 01:23 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 01:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21127 |