Sinaga, Basuki Rachmat (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123111007 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 2123111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
3. NIM. 2123111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. NIM. 2123111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
5. NIM. 2123111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 2123111007 TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 2123111007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 2123111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
12. NIM. 2123111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
13. NIM. 2123111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiential learning dengan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas x SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa 360 orang. Sampel yang diambil adalah 40 orang. Instrumen yang digunakan untu k menjaring data adalah tes uraian. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Distribusi data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran experiential learning dengan media audiovisual berada dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 57,62. Kemampuan menulis teks prosedur kompleks sesudah menggunakan model embelajaran experiential learning dengan media audiovisual berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 80,27. Berdasarkan perhitungan uji normalitas menunjukkan bahwa data pre-test dan data post-test berdistribusi normal. Hajil uji homogenitas membutikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan uji “t” pada taraf signiikan 5% diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 10,58
2,02, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran experiential learning dengan media audiovisual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/ 2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 153 |
Keywords: | Experiential Learning; Media Audiovisual; Teks Prosedur Kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 01:19 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 01:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21126 |