Manalu, Ester Trisna (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL TERINTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATERI SISTEM KOLOID. Masters thesis, UNIMED.
1. 18146141006 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. 8146141006 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. 8146141006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. 8146141006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. 8146141006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. 8146141006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. 8146141006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. 8146141006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. 8146141006 BAB I.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
13. 18146141006 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
14. 8146141006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum kimia berbasis kontekstual terintegrasi nilai-nilai karakter, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif dan mengetahui hasil belajar siswa yang ditinjau dari aspek afektif dan psikomotorik yang dibelajarkan menggunakan penuntun praktikum kimia yang telah dikembangkan. Penelitian dilakukan di SMA Cahaya Medan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang diambil secara purposive sumpling yaitu kelas eksperimen I menggunakan PPKBK dan kelas eksperimen II menggunakan PP yang tersedia di sekolah Instrumen penelitian adalah rubrik validasi, tes dan lembar observasi. Penelitian dimulai dari analisis penuntun praktikum kimia di sekolah, pengembangan, validasi, revisi dan uji coba penuntun praktikum yang telah dikembangkan. Hasil penelitian diperoleh (1) berdasarkan hasil analisis buku PP kimia pada materi sistem koloid penerbit Erlangga, Pudak Scientifik, Duta Nusantara dan Laskar Aksara belum sesuai dengan BSNP, (2) berdasarkan BSNP PPKBK terintegrasi nilai-nilai karakter lebih valid dibandingkan dengan PP kimia yang digunakan di sekolah, (3) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif, yang dibelajarkan menggunakan PPKBK terintegrasi nilai-nilai karakter 0,73 sedangkan yang dibelajarkan dengan PP kimia yang digunakan sekolah 0,63, (4) terdapat perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari aspek psikomotorik yang dibelajarkan menggunakan PPKBK terintegrasi nilai-nilai karakter sebesar 91 dan yang dibelajarkan dengan PP kimia yang digunakan sekolah sebesar 85, sedangkan ditinjau dari aspek afektif yang dibelajarkan menggunakan PPKBK terintegrasi nilai-nilai karakter sebesar 92 dan yang dibelajarkan dengan PP kimia yang digunakan sekolah sebesar 81.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Man p |
Keywords: | Pengembangan penuntun praktikum; Berbasis kontekstual; Nilai-nilai karakter; Sistem koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 08:48 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21116 |