PENGARUH PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Hayati, Indah Rizki (2016) PENGARUH PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM 2123111030 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 2123111030 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 2123111030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 NIM 2123111030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (784kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 2123111030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 NIM 2123111030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 2123111030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 NIM 2123111030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 2123111030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 NIM 2123111030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 2123111030 TABLES.pdf]
Preview
Text
06 NIM 2123111030 TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM 2123111030 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
07 NIM 2123111030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM 2123111030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
08 NIM 2123111030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of 12 NIM 2123111030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12 NIM 2123111030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 2123111030  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13 NIM 2123111030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 180 orang. Sampel yang diambil adalah 36 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan, dan kemampuan menulis teks cerita fabel oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 60 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Penguji hipotesis dilakukan dengan uji “r”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman isi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 73,47 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,738 > 0,329), kemampuan siswa dalam pemahaman struktur termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 74,44 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,511 > 0,329), kemampuan siswa dalam pemahaman ciri kebahasaan termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 74,31 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,347> 0,329), kemampuan siswa dalam menulis teks cerita fabel termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 73,06 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,504> 0,329) pada taraf siginifikan α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 144
Keywords: Struktur; Kebahasaan; Fabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Nov 2016 04:23
Last Modified: 03 Nov 2016 04:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21104

Actions (login required)

View Item
View Item