Simarmata, Petrus Okeba (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMK PANTAI CERMIN KAB.SERDANG BEDAGAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 2123311060 COVER Skripsi.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. 2123311060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
3. 2123311060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4.2123311060 KATA PENGANAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. 2123311060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
6. 2123311060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7.2123311060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8 .2123311060 BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
12. 2123311060 BAB V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
13. 2123311060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerpen oleh siswa kelas X SMK Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Pantai Cermin yang berjumlah 210 orang. Dari populasi ini diambil diambil sampel yang terdiri dari 30 orang . pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara mengundi seluruh kelas X SMK Pantai Cermin. Dan diperoleh sampel yaitu kelas X AKT . Metode penelitian yang digunakan adalah model desain penelitian one grouppre-tes post-test design yang hanya dilakukkan pada satu kelas saja.
Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-tes =62,5 standart deviasi = 7,5 digolongkan pada kategori baik = 23%, kategori cukup =67%, dan kategori kurang =3%. Nilai rata-rata posttes 76,5 dengan standart deviasi 6,21 dan dikategorikan pada kategori sangan baik= 47%, baik= 43%, kurang baik = 10%. Berdasarkanuji normalitas, hasil pre-ter dan post-tes dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogeny. Sesuai uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 7,7. Selanjutnya to tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df= N-1, yakni 30-1= 29. Dari df 29 diperoleh taraf signifikan 5%= 2,04. Dengan demikian hipotesis alternativ (Ha ) diterima.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas X SMK Pantai Cermin tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 193 |
Keywords: | Pengaruh;Mind Mapping; Kemampuan Menulis Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 03:12 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21089 |