Wahyuni, Sri (2016) PENGARUH PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN NOVEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123111079 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 2123111079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. NIM 2123111079 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM 2123111079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM 2123111079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM 2123111079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 2123111079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 2123111079 BAB I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
12. NIM 2123111079 BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
13. NIM 2123111079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman isi, struktur dan ciri
kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks ulasan novel siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas
dengan jumlah 178 orang. Sampel yang diambil adalah 32 orang dari jumlah kelas
yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data
pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan, dan kemampuan menulis teks ulasan novel
siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 60 soal dan essay tes yang
disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Penguji hipotesis dilakukan dengan
uji “t”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam
pemahaman isi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang
diperoleh siswa adalah 83,59 dengan uji hipotesis thitung > ttabel (3,107 > 1,694),
kemampuan siswa dalam pemahaman struktur termasuk dalam kategori baik dengan
nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,65 dengan uji hipotesis thitung >
ttabel (4,019 > 1,694), kemampuan siswa dalam pemahaman ciri kebahasaan termasuk
dalam kategori baik dengan nilai -rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 83,13
dengan uji hipotesis thitung > ttabel (3,281 > 1,694), kemampuan siswa dalam menulis
teks ulasan novel termasuk dalam kategori baik dengan nilai -rata (mean) yang
diperoleh siswa adalah 77,97 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,435 > 0,349) pada
taraf signifikan α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat
disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan pemahaman isi, struktur, dan
ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks ulasan novel siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 167 |
Keywords: | Teks Ulasan Novel; Pemahaman Isi; Struktur; Ciri Kebahasaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 03:08 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21088 |