Sitanggang, Benly Nevada (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MELENGKAPI TEKS BERITA RUMPANG SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SIBORONGBORONG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 209111013 COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
2. NIM 209111013 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
3. NIM 209111013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 209111013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
5. NIM 209111013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 209111013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7. NIM 209111013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 209111013 BAB I.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
12. NIM 209111013 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM 209111013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentence terhadap kemampuan menulis melengkapi teks berita rumpang siswa kelas X SMA Negeri 2 Siborongborong. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada, sebanyak 210 siswa.
Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata 65,66 standar deviasi 6,79 serta empat kategori nilai yakni kategori sangat baik 0%, baik 43,33%, cukup baik 50% dan kurang baik 6,66% sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata 77,6 standar deviasi 8,03 dengan empat kategori nilai yakni kategori sangat baik 26,66% kategori baik 60% kategori cukup baik 13,3% dan kategori kurang baik 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 60,91 setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 30-1 = 29, dari df 29 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,04. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 60,91 > 2,04 hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Complete Sentence berpengaruh secara positif terhadap Kemampuan Melengkapi Teks Berita Rumpang Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 192 |
Keywords: | Model Pembelajaran Complete Sentence;Teks Berita Rumpang;Pengertian Teks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 03:00 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21086 |