Leviani, Eni (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN (ENVIRONMENTAL LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI TENTANG KEINDAHAN ALAM OLEH SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123311025 COVER.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
2. NIM 2123311025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (669kB) | Preview
3. NIM 2123311025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
4. NIM 2123311025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
5. NIM 2123311025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 2123311025 TABLES.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7. NIM 2123311025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 2123311025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
12. NIM 2123311025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
13. NIM 2123311025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran berbasis lingkungan (environmental learning) terhadap kemampuan menulis puisi tentang keindahan alam oleh siswa kelas VII MTS Negeri 1 Medan tahun pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah semua kelas VII MTS Negeri 1 Medan sebanyak 460 orang dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah kelas VII-3 sebanyak 30 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test dan post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks anekdot. Nilai rata-rata sebelum perlakuan (pre-test) adalah 64,83, standar deviasi 9,78, dan standar error 1,81 sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan adalah 79, standar deviasi 8,30, dan standar error 1,54. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis puisi tentang keindahan alam setelah menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan (environmental learning) lebih tinggi daripada nilai sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan (environmental learning). Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis thitung = 5,97 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% = 1,67. Karena thitung = 5,97 > ttabel = 1,67 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis lingkungan (environmental learning) mempengaruhi kemampuan menulis puisi tentang keindahan alam siswa kelas VII MTs Negeri 1 Medan tahun pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 194 |
Keywords: | Environmental Learning; Menulis puisi; MTs Negeri 1 Medan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 02:33 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21081 |