Anggriawan, Ferry (2016) ANALISIS SEMIOTIKA WACANA IKLAN SABUN MANDI DAN SAMPO PADA MAJALAH BOBO. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2103210009 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM. 2103210009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 2103210009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 2103210009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM. 2103210009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM. 2103210009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. NIM. 2103210009 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 2103210009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 2103210009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 2103210009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
13. NIM. 2103210009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
14. NIM. 2103210009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna dalam iklan sabun mandi dan sampo pada Majalah Bobo menggunakan peta tanda semiotik Barthes, serta mendeskripsikan jenis wacana ditinjau dari tujuan komunikasi yang terdapat dalam iklan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah derngan menggunakan dokumentasi poto iklan-iklan sabun mandi dan sampo yang terdapat pada Majalah Bobo. Teknik analisis data adalah mengumpulkan dan mendokumentasikan objek kajian, mengidentifikasi data, menganalisis secara deskriptif dengan teori semiotik, dan kemudian melakukan kesimpulan.
Hasil penelitian mendeskipsikan makna-makna yang terkandung di dalam iklan sabun mandi dan sampo Kodomo Kids Series, Cussons Kids versi Buat Cerita Seru Saat Mandi, dan Zwitsal Kids versi Hadiah Langsung, baik itu makna denotasi dan makna konotasi.Pada masing-masing iklan tersebut memiliki makna denotasi yang sama yakni memperkenalkan produk baru dari masing-masing iklan yang dipromosikan. Makna konotasi pada setiap iklan sangat beragam, penentuan makna atau interpretasi sangat tergantung dari pengetahuan, pengalaman, latar belakang, dan bahkan emosi dari pembaca. Serta mendeskripsikan jenis wacana ditinjau dari tujuan komunikasi yang terdapat dalam iklan tersebut, yakni wacana deskripsi dan persuasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 174 |
Keywords: | Analisis semiotika; Wacana; Iklan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5801 Advertising P Language and Literature > PJ Semitic |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 01:35 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 01:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21076 |