Rosmini, Paujia (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DI KELAS IV SD N PERCOBAAN KOTA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. PAUJIA ROSMINI NIM 8146181027 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. PAUJIA ROSMINI NIM 8146181027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (616kB) | Preview
3. PAUJIA ROSMINI NIM 8146181027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. PAUJIA ROSMINI NIM 8146181027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. PAUJIA ROSMINI NIM 8146181027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. PAUJIA ROSMINI NIM 8146181027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. PAUJIA ROSMINI NIM 8146181027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. PAUJIA ROSMINI NIM 8146181027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. PAUJIA ROSMINI NIM 8146181027 BAB I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
13. PAUJIA ROSMINI NIM 8146181027 BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. PAUJIA ROSMINI NIM 8146181027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dimaksud oleh peneliti. Adapun rumusan masalah yang telah disusun dan ingin dijawab dalam sebuah penelitian ini dirangkum dalam beberapa poin sebagai berikut untuk menganalisis: (1) perbedaan kemampuan spasial siswa yang mendapat pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning (2) proses jawaban siswa dengan analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan spasial untuk siswa. Analisis data menggunakan uji-t. Sebelum melakukan eksperimen kelas yang dijadikan sampel penelitian diuji berdasarkan homogenitas dan distribusi normal. Kelas yang dijadikan sampel juga dilihat tingkat kemampuan awalnya guna melihat bahwa sampel benar-benar dapat dijadikan sampel penelitian. Instrumen berupa butir soal dilakukan validasi ahli serta diuji cobakan ke kelas yang lain. Hasil penelitian tersebut menunjukkan: (1) adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan spasial siswa yang mendapat pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning dengan perhitungan perolehan skor thitung (=2,79) lebih besar dari skor ttabel (=1,671) sehingga H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Ros p |
Keywords: | Dicovery learning; Problem based learning; Kemampuan spasial dan bangun datar; Materi pembelajaran; Pendekatan saintifik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 02:20 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21041 |