Arianto (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 064011 KECAMATAN MEDAN DELI KOTA MEDAN TP 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1.COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
3.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9.BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
13.BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri 064011 Kecamatan Medan Deli Kota Medan TP 2015/2016; (2) untuk mengetahui proses penggunaan model CIRC dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada siswa/siswi kelas V SD Negeri 064011 Kecamatan Medan Deli Kota Medan TP 2015/2016, terdiri dari 25 orang, menggunakan 2 (dua) siklus yang dimulai pada bulan Februari sampai dengan bulan April 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis Taggart sebanyak dua siklus. Dari hasil kegiatan pembelajaran dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) pembelajaran dengan model CIRC memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi yang ditandai dengan peningkatan hasil menulis narasi siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I memperoleh rata-rata sebesar 53,6 terjadi peningkatan hasil menulis narasi 21,4 dan siklus II memperoleh rata-rata sebesar 75 terjadi peningkatan hasil menulis narasi 39,92%; (2) penerapan model CIRC mempunyai pengaruh positif, yaitu peserta didik mampu menuangkan ide dan imajinasinya ke dalam menulis narasi, meningkatkan motivasi belajar peserta didik, serta hasil nilai siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.62 Ari p |
Keywords: | CIRC; Kemampuan menulis narasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 02:07 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21024 |