Hasibuan, Vivi Uvaira (2016) ANALISIS KESULITAN GURU DAN PENGUASAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI TUMBUHAN HIJAU DI SDN SE-KECAMATAN PERBAUNGAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146182043_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 8146182043_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. NIM. 8146182043_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8146182043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5. NIM. 8146182043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
6. NIM. 8146182043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8146182043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM. 8146182043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8146182043_BAB I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13. NIM. 8146182043_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 8146182043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Se-Kecamatan Perbaungan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan, penguasaan perangkat pembelajaran dan upaya guru dalam membelajarkan materi tumbuhan hijau di kelas V SD Se-Kecamatan Perbaungan. Penlitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Kelas V SDN Se-Kecamatan Perbaungansebanyak 43 SDN sedangkan sampel penelitian berjumlah 40 orang guru kelas V SDN dari 23 sekolah Se-Kecamatan Perbaungan.Instrumen yang digunakan terdiri darilembar observasi, kuesioner/angket danwawancara.Angket kesulitan dan penguasaan perangkat pembelajaran guru di validasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kesulitan guru se-Kecamatan Perbaungan dalam mengajar pada materi tumbuhan hijau tergolong sedang (59,918 %); (2) tingkat penguasaan perangkat pembelajaran pada guru dalam membelajarkan materi tumbuhan hijau di kelas V SD Se-Kecamatan Perbaungan tergolong rendah (41,082 %); dan (3) upaya sekolah mengatasi kesulitan guru dalam membelajarkan materi tumbuhan hijau di kelas V SD Se-Kecamatan Perbaunganantara lain memberikan pelatihan sebanyak 1 sekolah (4,35 %), mewajibkan guru-guru mengikuti KKG sebanyak 1 sekolah (4,35 %), untuk saat ini SDN masih kesulitan dalam menyelenggarakan buku referensi guru apalagi menyediakan alat-alat praktik sebanyak 4 sekolah (17,39 %), mengupayakan melakukan praktik dengan menggunakan alat-alat sederhana sebanyak 4 sekolah (17,39 %), menyisihkan anggaran dana BOS sebanyak 4 sekolah (17,39 %), mengadakan rapat komite untuk mencari bantuan dari orang tua siswa sebanyak 1 sekolah (4,35 %), melengkapi alat-alat praktik sebanyak 2 sekolah (8,70 %), melaporkan ke Dinas Kecamatan untuk meminta bantuan pengadaan alat-alat praktikum sebanyak 4 sekolah (17,39 %), dan sisanya tidak memberikan tanggapan sebanyak 2 sekolah (8,70 %).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Has a |
Keywords: | Kesulitan guru; Perangkat pembelajaran; Tumbuhan hijau |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2016 04:06 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21020 |