Wulandari, Ririn Ayu (2016) PENGEMBANGAN MATERI TEKS EKSPOSISI DENGAN MULTIPOLA BERDASARKAN MINAT SISWA KELAS VII SMP SWASTA PAHLAWAN SUKARAMAI KAB. BATU BARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136181013 COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM. 8136191013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
3. NIM. 8136191013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
4. NIM. 8136191013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
5. NIM. 8136191013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM. 8136191013 TABLE.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM. 8136191013 PICTURE.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8. NIM. 8136191013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. NIM. 8136191013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
13. NIM. 8136191013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
14. NIM. 8136191013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi ajar dan lembar kerja siswa (LKS) teks eksposisi dengan multipola berdasarkan minat siswa dan mengetahui kelayakan produk tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Sugiyono. Model penelitian ini merujuk pada model Borg & Gall dengan sedikit penyesuaian sesuai konteks penelitian yang disederhanakan sampai dengan uji coba produk, yaitu (1) analisis kebutuhan; (2) perencanaan; (3) pengembangan draft; (4) validasi; (5) revisi; dan (6) uji produk terbatas. Pengambilan data dilakukan dengan validasi ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia tingkat SMP, dan perwakilan siswa kelas VII SMP Swasta Pahlawan Sukaramai dengan mengumpulkan data berupa angket penilaian. Analisis yang dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke dalam data kualitatif menggunakan skala 5.
Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah materi ajar dan LKS yang berupa media cetak, yang telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli materi, ahli desain, dan guru bahasa Indonesia sebagai sumber belajar dan alat bantu pembelajaran. Kelayakan materi ajar pembelajaran sesuai dengan hasil validasi. Penilaian materi ajar oleh ahli materi dan guru bahasa Indonesia pada aspek format penulisan memiliki rata-rata 4,5 dengan tingkat kelayakan 95% yang termasuk dalam kategori sangat baik, aspek bahasa memiliki rata-rata 4,6 dengan tingkat kelayakan 92% yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan aspek isi memiliki rata-rata 4,65 dengan tingkat kelayakan 93,33% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian LKS oleh ahli desain dan guru bahasa Indonesia produk LKS pada aspek format penulisan memiliki rata-rata 4,5 dengan tingkat kelayakan 95% yang termasuk dalam kategori sangat baik, aspek bahasa memiliki rata-rata 4,4 dengan tingkat kelayakan 88% yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan aspek isi memiliki rata-rata 4,5 dengan tingkat kelayakan 86,67% yang termasuk dalam kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 407.071 Wul p |
Keywords: | Teks eksposisi; Multipola; Minat; Materi ajar; Lembar kerja siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Oct 2016 08:16 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21011 |