Yolanda, Cynthia (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTEGRATIF KETERAMPILAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII MTS. AL-MUSHLIHIN BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146191003 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM. 8146191003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
3. NIM 8146191003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM 8146191003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
5. NIM 8146191003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 8146191003 TABLE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7. NIM 8146191003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
8. NIM. 8146191003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
12. NIM. 8146191003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
13. NIM 8146191003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presentase: (1) Kelayakan Bahan ajar berbasis integratif yang digunakan dalam proses pembelajaran, (2) Bahan ajar modul berbasis integratif yang digunakan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan respon siswa dan aktivitas siswa, (3) Bahan ajar modul berbasis integratif yang digunakan dalam proses pembelajaran dalam hasil belajar siswa MTs. Kelas VIII. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D). Metode ini digunakan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa indonesia siswa kelas VIII dengan materi memahami isi berita. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Al-Mushlihin Binjai yang terletak di Jalan Satria Kec. Binjai Selatan dengan rata-rata jumlah siswa 30 orang untuk diuji coba. Data yang diperoleh dari penelitian iniadalah data data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi 3 macam yaitu : (1) Hasil validitas dari validator tentang kelayakan bahan ajar memahami isi berita yang berbasis integratif. (2) Proses pembelajaran siswa yang meliputi respon dan aktivitas belajar siswa menunjukkan sangat baik dan aktivitas siswa dengan sangat aktif, (3) lembar hasil belajar siswa menunjukkan bahwa bahan ajar modul yang dikembangkan berbasis integratif telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.Berdasarkan uji coba pembelajaran menggunakan buku ajar berbasis integratif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil tes awal diketahui rata-rata pada kelas pretest kelas kontrol 61,20% dan rata-rata posttest sebesar 88,71%. Hasil aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol 50,83% dan 94,89% pada kelas eksperimen. Hasil lembar hasil belajar siswa pada kelas kontrol 50,63% sedangkan kelas eksperimen 80,83%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 407.071 Yol p |
Keywords: | Hakikat berita; Isi berita; Bahan ajar; Keterampilan bahasa indonesia; Hakekat integratif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 03:49 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20949 |