Tumanggor, Emianna (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS X SMA BUDI AGUNG MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146192007 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. NIM 8146192007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
3. NIM 8146192007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 8146192007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
5. NIM 8146192007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
7. NIM 8146192007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
6. NIM 8146192007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
8. NIM 8146192007 BAB I.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
12. NIM 8146192007 BAB V.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
13. NIM 8146192007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
Abstract
Tujuan kajian ini adalah: (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran menulis puisi yang layak, mudah dan menarik digunakan, (2)Mengetahui efektifitas pengujian produk media pembelajaran interaktif pada Menulis Puisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Brog and Gel yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Subjek uji coba terahir dari dua ahli materi mata pelajaran bahasa indonesia, dua ahli desain media pembelajaran, tiga siswa untuk uji perorangan, 9 siswa untuk uji kelompok kecil dan 40 siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data –data yang dikumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan : (1) uji ahli materi menulis puisi termasuk dalam kategori sangat baik (95,08%), (2) uji ahli desain media pembelajaran dalam penilaian dengan kategori sangat baik (86,96%), (3) uji perorangan berada dalam kualitas sangat baik (94,76%), (4) uji kelompok kecil berada dalam kualitas sangat baik (97,64%) dan penilaian terahir uji lapangan dalam kualitas sangat baik (96,20%), sedangkan hasil pengujian efektifitas terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan media interaktif dengan hasil belajar siswa yang menggunakan buku teks hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh nilai “t”, selanjutnya dicocokkan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (35 + 35) – 2 = 68. Di dalam tabel “t” dengan dk = 68 diperoleh taraf signifikansi 5% = 1.66 dan taraf signifikansi 1% = 2.38. hal ini membuktikan bahwa thitung > ttabel yaitu 1.66 < 4.07 > 2.38. maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Sehingga, Disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran menulis puisi sangat layak, mudah dan efektif dingunakan pada pembelajaran menulis puisi di SMA kelas X.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.707 12 Tum p |
Keywords: | Media interaktif; Menulis puisi; Micromedia flash; Media pembelajaran; Menulis puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 03:30 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20947 |