Pane, Betharia (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI BERBASIS ADOBE FLASH PRO CS5 PADA SISWA KELAS XI SMA BUDI AGUNG MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. JUDUL.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
6. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
7. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
9. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
11. BAB I.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
15. BAB V.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk menghasilkan produk dan mengetahui perbandingan kelayakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash Pro CS5 dengan media pembelajaran buku teks (catatan) pada materi teks cerita ulang biografi untuk siswa kelas XI SMA Budi agung Medan. (2). Untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan media berbasis Adobe Flash Pro CS5 materi teks cerita ulang biografi untuk siswa kelas XI SMA Budi agung Medan. (3). Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Adobe Flash Pro CS5 pada materi Teks Cerita Ulang Biografi. Subyek penelitian ini adalah siswa SMA Budi Agung Medan kelas XI semester I. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Budi Agung Medan yang berjumlah 135 orang siswa dan sampel uji t menggunakan 2 kelas, yaitu kelas kontrol yaitu kelas XI IPS I berjumlah 35 orang siswa dan kelas eksperimen yaitu kelas XI IPAI berjumlah 35 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Hasil angket kelayakan media oleh ahli materi memperoleh rata-rata skor 89.70% berada pada kategori sangat baik (2). Hasil angket kelayakan media oleh ahli media memperoleh rata-rata skor 88.2% berada pada kategori sangat baik (3) Hasil angket kelayakan media oleh ahli desain memperoleh rata-rata skor 89.41% berada pada kategori sangat baik. (4). Uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (92.85%) (5). Uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (92.67%) (6). Uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (91.27%). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil uji “t” diperoleh t hitung 4.88. selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel taraf signifikansi 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (35 + 35) – 2 = 68. Di dalam tabel “t” dengan dk = 68 diperoleh taraf signifikansi 5% = 1.66. Hal ini membuktikan bahwa thitung > ttabel yaitu 4.88 > 1.66 sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media Adobe Flash Pro CS5 lebih tinggi dengan nilai rata-rata 80.0 dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media buku teks lebih rendah dengan nilai rata-rata 70.71.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.285 071 2 Pan p |
Keywords: | Media pembelajaran; Teks cerita ulang biografi; Pembelajaran komputer; Adobe flash pro CS5 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P98 Computational linguistics. Natural language processing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 03:22 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20946 |