PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK DRAMA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN

Pakpahan, Berkat Johannes (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK DRAMA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  8136192003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136192003 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM  8136192003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8136192003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  8136192003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8136192003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  8136192003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136192003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  8136192003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136192003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  8136192003 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8136192003 TABLES.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM  8136192003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8136192003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM  8136192003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8136192003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM  8136192003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8136192003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM  8136192003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8136192003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  8136192003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8136192003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar unsur intrinsik drama antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran koperatif metode Jigsaw dan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) Perbedaan hasil belajar unsur intrinsik drama antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan yang memiliki motivasi belajar rendah, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar unsur intrinsik drama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Parulian 2 Medan, berjumlah 120 orang yang berasal dari 3 kelas paralel. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Dari 3 kelas diacak 2 kelas yang menjadi sampel penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian untuk strategi pembelajaran koperatif metode Jigsaw terdiri dari 40 siswa dan 40 siswa untuk strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban yang terdiri dari 30 soal yang memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,82. Metode penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar unsur intrinsik drama siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran koperatif metode Jigsaw ( = 83,45), lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori ( = 64,2), dengan = 36,26 > = 3,97 ,(2) hasil belajar unsur intrinsik drama siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi ( = 76,86) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah ( = 70,03), dengan = 64,80 > = 3,97, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar unsur intrinsik drama, dengan = 15,13 > = 3,97. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan hasil belajar unsur intrinsik drama siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran koperatif metode Jigsaw, sedangkan hasil belajar unsur intrinsik drama siswa yang memiliki motivasi belajar rendah lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 499.221 071 Pak p
Keywords: Strategi pembelajaran; Unsur instrinsik; Drama; Motivasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Oct 2016 03:21
Last Modified: 27 Oct 2016 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20919

Actions (login required)

View Item
View Item