Prasetio (2016) PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMPN 3 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 4122111013 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2 4122111013 LEMBAR PENGESAHAN (1).pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4 4122111013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
5 4122111013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6 4122111013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7 4122111013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8 4122111013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9 4122111013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
10 4122111013 BAB I.pdf - Published Version
Download (713kB) | Preview
14 4122111013 BAB V.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
15 4122111013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
3 4122111013 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan visual
spasial terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas
VIII SMPN 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut
Sei Tuan yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 327 orang. Dan sampel yang
diambil menggunakan teknik random sampling sebanyak 50 orang.
Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes kecerdasan
visual spasial dan tes hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok. Dari
hasil analisis data diperoleh kedua data tersebut berdistribusi normal dan diperoleh
persamaan regresi kecerdasan visual spasial dan hasil belajar matematika adalah Ŷ
= 18,6 + 0,75X, dari persamaan ini dapat diprediksikan bahwa variabel (Y) ratarata
akan berubah/berpengaruh sebesar 0.75 untuk setiap perubahan yang terjadi
pada pada variabel (X) yang artinya setiap peningkatan kecerdasan visual spasial
akan memberikan kontribusi bagi hasil belajar matematika siswa secara signifikan.
Teknik uji yang digunakan adalah korelasi produk moment dari karl
Pearson. Hasil korelasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan visual
spasial terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas
VIII SMPN 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016, dengan koefisien korelasi
rxy sebesar 0,85 pada taraf signifikan 5% (rhitung > rtabel : 0,85 > 0,29).
Kontribusi/pengaruh yang diberikan variabel kecerdasan visual spasial terhadap
variabel hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok sebesar 72,25%
termasuk kategori tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 135 |
Keywords: | Kecerdasan visual spasial;Hakekat Matamatika;Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 07:48 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20914 |