Hasibuan, Khairil Muarief (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA MTS AL JAMIYATUL WASHLIYAH TEMBUNG T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4113311028 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 4113311028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3. 4113311028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. 4113311028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
5. 4113311028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. 4113311028 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. 4113311028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. 4113311028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. 4113311028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
14. 4113311028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. 4113311028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) lebih tinggi daripada tipe Student Teams Achievement ivision (STAD) di MTs Al-Jamiyatul Wasliyah Tembung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Jamiyatul Washliyah Tembung dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling acak sederhana (Simple random sampling) dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen II yang masing-masing berjumlah 32 dan 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes pilihan berganda dengan jumlah soal 20 item yang telah divalidkan oleh validator dan uji validitas. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t data selisih posttest-pretest diperoleh thitung = 2,067 sedangkan ttabel = 1,999. Karena thitung > ttabel (2,067 > 1,999), maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 110 |
Keywords: | Eksperimen semu; Think-Pair-Share; Student Team Achievement Division |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 07:40 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20913 |