Ginting, Juniar (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI KUBUS DAN BALOK SMPN 1 P.S TUAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123111037 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4123111037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM 4123111037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM 4123111037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5.NIM 4123111037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
6. NIM 4123111037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 4123111037 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4123111037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4123111037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
13. NIM 4123111037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
14. NIM 4123111037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi Kubus dan Balok T.A 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 P.S Tuan yang terdiri dari 8 kelas dan yang menjadi sampel penelitian adalah 2 kelas yang telah dipilih secara acak yaitu kelas VIII-2 menjadi kelas eksperimen A dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan kelas VIII-3 menjadi kelas eksperimen B dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrumen yaitu pretest dan posttest yang telah divalidasi dalam bentuk soal uraian. Pada kelas eksperimen A nilai rata-rata selisih pretest dan postest adalah 11,42 sedangkan pada kelas eksperimen B nilai rata-rata selisih pretest dan posttest adalah 10,12 Setelah diuji terbukti data berdistribusi normal dan homogen. Setelah data terbukti berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t pihak kanan. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung ( ) > ttabel (2,00). Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi daripada pembelajaran berbasis masalah pada materi Kubus dan Balok SMPN 1 P.S Tuan T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 108 |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah matematika;Pendekatan pembelajaran matematika realistik: Pembelajaran berbasis masalah, kubus dan balok. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 07:36 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20912 |