Damayanti, Hany Fitri (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS X SMK YAYASAN PERGURUAN BANDUNG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4111111009 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 4111111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3. NIM. 4111111009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
4. NIM. 4111111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 4111111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 4111111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 4111111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 4111111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4111111009 BAB I.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
13. NIM. 4111111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14. NIM. 4111111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan
masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Think-Pair-Share lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan
model pembelajaran konvensional di kelas X SMK Yayasan Perguruan Bandung
T.A 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP-1 dan kelas
X AP-2 sebanyak 79 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Data
yang digunakan adalah tes PAM dan tes kemampuan pemecahan masalah
berbentuk uraian. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes
dengan menggunakan Uji Shapiro-Wilk dan homogenitas tes menggunakan Uji
Levene. Diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah
matematik yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share adalah
dengan simpangan baku dan rata-rata hasil tes kemampuan
pemecahan masalah matematik yang diberi pembelajaran konvensional adalah
simpangan baku . Uji hipotesis menggunakan uji ANAVA dua arah,
seluruh data dalam eksperimen ini diuji dengan SPSS 22. Dari hasil perhitungan
nilai signifikansi pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematis sebesar 0,022 < 0,05. Sehingga ditolak dan diterima,
diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa
yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share lebih baik
dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran
konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 107 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 04:51 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20892 |